Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, menetapkan 75 panitia pemilihan kecamatan (PPK)  untuk pemilihan kepala daerah setempat.

"Ke 75 anggota PPK untuk 15 kecamatan di Rejanglebong untuk pelaksanaan Pilkada 2015 sudah kami tetapkan pada tanggal 13 Mei kemarin. Dimana lima orang petugas PPK ini diambil dari 10 besar peserta yang dinyatakan lolos seleksi wawancara sebelumnya," kata anggota KPU Rejanglebong dari Divisi Teknis Fahamsyah di Rejanglebong, Kamis.

Para peserta yang ditetapkan dalam rapat pleno KPU daerah tersebut kata dia, selain telah diumumkan di kantor KPU daerah itu terhitung Rabu (13/5) juga akan diumumkan melalui media massa lokal.

Sementara itu menurut Mansurudin anggota KPU Rejanglebong dari divisi hukum, nama-nama peserta yang masuk dalam lima besar berdasar hasil ketetapan KPU Rejanglebong ini nantinya mengikuti proses pelantikan yang akan dilaksanakan paling lambat 18 Mei mendatang.

Setelah dilantik menjadi PPK masing-masing kecamatan, para ketua dan anggota PPK ini selanjutnya akan mengikuti bimtek tahapan dan pelaksanaan Pilkada serentak dalam enam kabupaten berikut pemilihan Gubernur Bengkulu yang akan dilaksanakan pada akhir 2015 mendatang.

Pihaknya sendiri kata dia, setelah menetapkan 75 PPK untuk 15 kecamatan di daerah itu, masih akan menerima pengaduan masyarakat. Pengaduan ini harus dibuat secara jelas baik identitas maupun pelapornya serta siapa yang diadukan sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami mempersilahkan masyarakat untuk menyampaikan laporan atas penetapan 15 PPK ini, jika memang ada tentunya KPU akan merespon dengan catatan identitas pelapor harus lengkap dan ditujukan melalui Panwas yang selanjutnya diteruskan ke KPU Rejanglebong agar dapat diproses," ujarnya.

Sebelumnya sebanyak 202 pelamar PPK dalam 15 kecamatan di daerah itu mengikuti penjaringan yang dilakukan KPU Rejanglebong guna memperebutkan 75 kusi PPK. Para pelamar ini menjalani tes tertulis dan wawancara sebelum ditetapkan masuk dalam lima besar PPK oleh KPU Rejanglebong.***2***

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015