Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mengusulkan sebagian dari 305 penyandang disabilitas di daerahnya menerima alat bantu dari Kementerian Sosial RI.
 
"Sebanyak 305 penyandang disabilitas di daerah ini, tetapi tidak semuanya yang diusulkan, hanya sebagian karena ada yang butuh alat bantu ada yang tidak," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Eli Susbenti di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia menjelaskan hal itu menindaklanjuti program pemerintah pusat yang akan memberikan bantuan alat bantu kepada penyandang disabilitas di daerah ini tahu 2024.
 
Ia mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI tahun ini memprogramkan bantuan nutrisi untuk semua penyandang disabilitas di daerah ini.
 
Kementerian Sosial RI melalui Sentra Darma Guna Bengkulu dan bekerja sama dengan Anggota DPR RI Rahmad Sholeh yang menyerahkan bantuan nutrisi kepada sebanyak 305 penyandang disabilitas di daerahnya.
 
"Tahun 2023 pemerintah pusat memberikan bantuan nutrisi, sedangkan bantuan alat bantu untuk penyandang disabilitas tahun 2024," katanya.
 
Ia menyebutkan, berbagai jenis alat bantu untuk penyandang disabilitas dari pemerintah pusat sesuai kebutuhan penyandang disabilitas, yakni ada alat bantu dengar, kursi roda, dan tongkat.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat tahun ini telah memberikan bantuan sebanyak 22 kursi roda untuk para penyandang disabilitas guna memudahkan mereka melakukan berbagai aktivitas usaha.
 
Pemerintah daerah sejak beberapa tahun terakhir memberikan bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas yang tersebar.
 
Meskipun pemerintah daerah setiap tahun mengalokasikan anggaran yang bersumber dari APBD untuk membeli kursi roda bagi penyandang disabilitas, tetapi jumlah anggaran yang disediakan tersebut masih terbatas dari jumlah penyandang disabilitas yang membutuhkan.
 
Bantuan kursi roda untuk 22 penyandang disabilitas dari pemerintah daerah pada tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk 11 penyandang.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko pada tahun 2023 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp60 juta bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 22 kursi roda untuk 22 penyandang disabilitas yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023