Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan pembinaan Kampung Pancasila yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo mengatakan, Kampung Pancasila tersebut berada di Desa Suro Bali, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang.

Baca juga: Dinsos Rejang Lebong siapkan ratusan alat bantu penyandang disabilitas

"Desa Suro Bali ini merupakan salah satu desa di wilayah Kabupaten Kepahiang yang menjadi Kampung Pancasila di bawah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong," katanya di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan pembentukan Kampung Pancasila ini untuk meningkatkan pengamalan Pancasila karena seiring dengan kemajuan pembangunan sudah terasa menurun terutama di kalangan generasi muda sehingga harus kembali ditumbuhkan.

Baca juga: Harga jual cabai ditingkat petani di Rejang Lebong alami kenaikan

"Untuk itu kita bersama-sama dan menekankan agar generasi muda dididik untuk bisa mengamalkan butir-butir Pancasila dalam rangka menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Karena sekarang banyak masuk ajaran radikal jangan sampai generasi muda terprovokasi ajaran radikal," terangnya.

Menurut dia, dengan dibentuknya Kampung Pancasila di Desa Suro Bali Kabupaten Kepahiang ini nantinya bisa menjadi motivator bagi desa lainnya di Kabupaten Kepahiang dan daerah lainnya.

Baca juga: Bawaslu Rejang Lebong libatkan pemuda awasi tahapan Pemilu 2024

Kampung Pancasila Desa Suro Bali itu sendiri, tambah dia, nantinya diharapkan bisa mewakili Kodim 0409/Rejang Lebong pada lomba tingkat nasional di jajaran TNI-AD.

Kepala Desa Suro Bali Ketut Dana Putra menyambut baik ditetapkan desa yang dipimpinnya itu sebagai Kampung Pancasila, mengingat di desa itu warganya masih menerapkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023