Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengajak masyarakat setempat melanjutkan cita-cita luhur para pahlawan dalam membangun dan menyukseskan program pemerintah sehingga menjadi wilayah yang lebih baik.

"Kita berharap agar masyarakat Kota Bengkulu bisa meneruskan cita-cita luhur pahlawan dalam era sekarang dengan terus membangun dan menyukseskan program pemerintah," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke 78 di Kota Merah Putih Bengkulu, Jumat.

Baca juga: Jokowi anugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh, berikut daftarnya
 
Dia menambahkan, melalui peringatan Hari Pahlawan, dirinya berharap agar semua masyarakat memiliki semangat yang sama dengan para pahlawan ketika berjuang merebut kemerdekaan.
 
Selain itu, Pemkot Bengkulu juga menekankan untuk fokus menurunkan angka kemiskinan dan kebodohan di wilayah tersebut.
 
Hal tersebut sesuai dengan tema Hari Pahlawan 2023 yaitu "Semangat Pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan". Sehingga generasi penerus bangsa diminta untuk memaknai semangat para pahlawan yang telah berjuang dan mempertahankan nilai-nilai dan identitas bangsa.
 
Arif mengatakan, semangat para pahlawan menjadi inspirasi dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan, menciptakan lapangan kerja dan menginspirasi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.
 
Serta juga menekankan kebodohan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengetahuan dan literasi.

Baca juga: Presiden: Canangkan tekad isi kemerdekaan dengan perangi kemiskinan
 
"Hari Pahlawan adalah waktu yang tepat untuk merenungkan kontribusi kita dalam upaya mewujudkan Indonesia menjadi lebih sejahtera," ujarnya.
 
Pelaksanaan upacara Hari Pahlawan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah gugur.
 
Sehingga semangat patriotisme dan nasionalisme yang diperlihatkan oleh para pahlawan harus menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun dan menjaga keutuhan bangsa.
 
Upacara tersebut juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah dan jajaran Pemkot Bengkulu serta para veteran dan tamu undangan lainnya.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023