Rejanglebong (Antara) - Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, melakukan bimbingan teknis terhadap 45 petugas pengawas dari 15 kecamatan di daerah itu.

"Pembekalan ini diikuti 45 petugas Panwascam dari 15 kecamatan di daerah ini. Pembekalan ini sebagai persiapan menjelang pelaksanaan verifikasi faktual calon perseorangan yang akan dilaksanakan terhitung 23 Juni sampai dengan 6 Juli mendatang," kata ketua Panwas Pilkada Rejanglebong, Dodi Hendra, saat membuka acara pembekalan bertempat di sekretariat Panwas Pilkada Rejanglebong, Selasa.

Bimbingan teknis kepada Panwascam tersebut, kata dia, berupa pengawasan pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan yang segera dilaksanakan di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini nantinya masing-masing PPK dapat meneruskannya ke petugas pengawas lapangan (PPL), sehingga nantinya dapat menunjang kelancaran mereka dalam pengawasan di bawah saat pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan oleh PPS.

"Diharapkan nantinya Panwascam dapat melakukan proses transformasi ilmu yang didapatkan kepada seluruh anggota PPL yang ada di wilayah kerja masing-masing," ujarnya.

Pelaksanaan pembekalan atau bimtek itu, kata dia, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkatan Pawas kabupaten seterusnya ke Panwascam dan terakhir ke tingkat PPL di masing-masing desa/kelurahan.

Sementara itu di tempat terpisah anggota KPU Rejanglebong dari devisi teknis Fahamsyah mengatakan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan verifikasi administrasi berkas dukungan pencalonan lima pasangan calon perseorangan, dan selanjutnya dilakukan perekapan dan leges sebelum dilakukan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan 23 Juni-6 Juli.

Sebelumnya dari batas masa penyerahan berkas dukungan calon perseorangan Pilkada serentak di daerah itu ke KPU Rejanglebong terhitung 11-15 Juni, tercatat lima pasangan calon, yakni Anom Chan-Joni Tan, Alrullah Jambak-Heri Purwanto, M Syafik-Sutisnak, kemudian pasangan Mardiono-Matseri serta A Hijzazi-Iqbal Bastari. ***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015