Sebanyak dua kelompok tani di wilayah Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2023 akan menerima bantuan sebanyak 50 bibit kambing dari pemerintah pusat untuk meningkatkan populasi kambing di daerah ini. 
 
"Kegiatan untuk tahun 2023, alhamdulillah yang kita usulkan e-proposal tahun 2022 alhamdulillah tahun 2023 kita dapat bantuan dari pusat melalui pengadaan BPTU Sapi Potong Padang Mangatas di Sumatera Barat," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Jumat. 
 
Pemerintah Kabupaten Mukomjko melalui Dinas Pertanian tahun 2022 mengusulkan bantuan bibit kambing untuk tiga kelompok tani di Kecamatan Penarik kepada Kementrian Pertanian RI. 
 
Ia mengatakan, instansinya menggunakan proposal elektronik (e-proposal) untuk mengajukan permohonan bantuan kambing kepada Kementerian Pertanian. 
 
Ia menyebutkan, ada dua kelompok tani di Desa Lubuk Mukti dan Desa Bukit Makmur, Kecamatan Penarik yang mendapatkan bantuan bibit kambing dengan jumlah masing-masing sebanyak 25 ekor. 
 
Dua kelompok tani di wilayah Kecamatan Penarik ini telah melalui beberapa tahapan sebelum  mendapatkan bantuan bibit kambing dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI. 
 
"Dua kelompok itu sudah menjalani verifikasi data kelompok, kemudian mereka ditetapkan sebagai calon petani dan calon lokasi (CPCL) bantuan bibit kambing oleh orang kementrian," kata dia.
 
Ia mengatakan, pihaknya bersyukur karena kelompok tani di wilayah Kecamatan Penarik yang diusulkan tahun sebelumnya itu akhirnya diakomodasi sebagian besar oleh pemerintah pusat.
 
"Sebenarnya usulan awal kita yang sudah masuk nama dan sudah diverifikasi sebenarnya satu kelompok di Desa Sidodadi tapi saat verifikasi data CPCL itu mereka mengatakan tidak sanggup," ujarnya. 
 
Sementara itu, ia mengatakan, daerah ini beruntung mendapatkan bantuan bibit kambing karena populasi kambing di daerah ini termasuk rendah dibandingkan dengan populasi sapi. 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023