Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menjalin kerja sama dengan PT Haqilab Karya Indonesia (HKI) untuk mengoperasikan laboratorium lingkungan hidup di daerah ini.

"Kita kerja sama dengan laboratorium PT HKI agar laboratorium lingkungan hidup Mukomuko bisa beroperasi pada Desember 2023," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto di Mukomuko, Rabu. 

Ia mengatakan hari Kamis (30/11), pihaknya melakukan penandatanganan kesepakatan dengan laboratorium lingkungan hidup PT HKI Bogor.
 
Pihaknya dan PT HKI, kata dia, sama-sama berkeinginan menjadikan laboratorium lingkungan hidup di daerah ini bisa dioperasikan dan bisa saling mengisi.
 
"Jadi, mereka punya laboratorium, mereka punya kemampuan untuk melakukan pengujian dan punya lisensi untuk mengeluarkan hasil pengujian," ujarnya.
 
Sementara laboratorium lingkungan hidup di daerah ini, katanya, punya sarana dan prasarana yang perlu dikalibrasi oleh pihak swasta, dan daerah ini juga punya sumber daya manusia (SDM) yang belum terlatih.
 
Ia mengatakan PT HKI telah menyampaikan kesediaannya untuk melatih tenaga laboratorium lingkungan hidup daerah ini.

"Kita belum bisa melakukan pengujian, karena belum dilatih. Sarana dan prasarana laboratorium juga masih memakai alat mereka. Tenaga ahlinya di sini, mereka punya lisensi, sehingga tidak bisa mengeluarkan produk. Untuk mendapatkan lisensi laboratorium harus terakreditasi, untuk akreditasi kita harus melakukan 20 kali pengujian," ujarnya.
 
Untuk itu, katanya, daerah ini menggunakan tenaga mereka untuk melakukan pengujian agar daerah ini bisa mandiri punya lisensi dan tenaga pengujian.
 
Ia menyebutkan sebanyak 10 orang aparatur sipil negara di dinas ini akan dilatih untuk melakukan pengambilan dan pengujian sampel limbah. Jumlah personel ini bertambah dibandingkan sebelumnya hanya lima orang.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023