Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan Bulog, meluncurkan gerai pangan khusus dengan tujuan menyediakan pangan murah terjangkau bagi masyarakat setempat.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga pangan di wilayah ini, sekaligus memudahkan akses masyarakat ke pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

“Daerah ini sudah memiliki gerai pangan lokal. Selanjutnya kami akan bekerja sama dengan Bulog untuk penyediaan pangan murah khususnya beras di gerai ini,” ujar Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Elxandi Utria Dharma, di Mukomuko, Sabtu.

Elxandi menjelaskan kerja sama dengan Bulog melibatkan seluruh pelaku usaha menengah kecil (UMK), kelompok tani, dan gabungan tani (gapoktan) di daerah ini. Tujuannya adalah untuk mendukung penjualan produk lokal yang berkualitas dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Gerai pangan lokal ini tidak hanya menyediakan pangan murah bagi warga, tapi juga memastikan ketersediaan komoditas pangan.

“Pemerintah membangun gerai pangan lokal di depan Dinas Ketahanan Pangan ini untuk sosialisasi pangan lokal daerah ini, termasuk masyarakat setempat, terutama pelaku UMK yang tersebar di daerah ini mendapatkan akses pemasaran produk yang mereka hasilkan,” tambahnya.

Selain itu, Elxandi menekankan bahwa misi pemerintah daerah melalui gerai pangan lokal adalah untuk stabilisasi harga pangan dan stabilisasi pasokan pangan di daerah ini.

“Intinya, sekarang ini kami selain melakukan aktivitas pekerjaan di pemerintahan termasuk berjualan pangan murah di depan dinas ini dan kami berharap program ini berkelanjutan karena keberadaannya dapat membantu menstabilkan harga pangan kebutuhan pokok masyarakat,” katanya.

Sementara itu, gerakan pangan murah yang digelar oleh pemerintah daerah mendapat sambutan positif dari warga. Hampir puluhan orang masyarakat dari berbagai wilayah Kecamatan Kota Mukomuko sangat antusias membeli berbagai bahan kebutuhan pokok di lokasi pasar murah yang disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023