Rejanglebong (Antara) - Warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II-A Curup Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, selama bulan puasa Ramadhan kali ini mengisinya dengan kegiatan keagamaan.

"Program kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan kali ini diantaranya pelaksanaan sholat tarawih berjamaah, kultum serta pengajian. Para pengisi acara ini selain didatangkan dari luar, juga diisi oleh warga binaan yang paham dengan keagamaan," kata Kepala Lapas kelas II-A Curup, Bambang Basuki di Rejanglebong, Sabtu.

Kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan warga binaan tersebut kata dia, rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya, dengan harapannya nantinya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masing-masing warga binaan sehingga tidak akan mengulangi perbuatan melawan hukum lagi.

Dari 500 orang lebih jumlah warga binaan di Lapas setempat mayoritas beragama Islam, sehingga pelaksanaan kegiatan keagamaan ini baik shalat tarawih, shalat Jumat maupun lima waktu di Masjid Lapas Curup selalu ramai oleh jemaah.

Sementara itu selama bulan Ramadhan tahun ini pihaknya kata dia, melakukan perubahan jadwal kunjungan terhadap warga binaannya, di mana untuk Senin-Jumat mengalami pengurangan 30 menit dari sebelumnya.

Jika pada hari biasa jadwal kunjungan Senin sampai Kamis terhitung dari pukul 09.00 WIB-14.30 WIB, sedangkan selama Ramadhan dari pukul 09.00 WIB-hingga pukul 14.00 WIB.

Begitu juga untuk hari Jumat dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB menjadi dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Sedangkan untuk jadwal kunjungan Sabtu dan Minggu tidak mengalami perubahan.

Pada bulan puasa Ramadhan ini pihaknya kata dia, mempersilahkan para keluarga napi atau warga binaan yang ingin menitipkan menu berbuka puasa kepada keluarga mereka yang menjalani penahanan di Lapas dengan ketentuan batas penyerahannya tidakl ebih dari pukul 17.00 WIB.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015