Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menyalurkan bantuan zakat, infak dan sedekah (ZIS) 553 mustahik atau penerima zakat di wilayah tersebut.
 
Bantuan yang disalurkan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkot Bengkulu terhadap warganya dengan menyalurkan bantuan berupa sembako dan lainnya.
 
"Kami berharap bapak-ibu yang menerima bantuan senantiasa mendoakan warga Kota Bengkulu yang telah berzakat diberikan kesehatan dan limpahan rezeki agar terus bisa menyisihkan sebagian hartanya untuk berzakat, infak dan sedekah," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan penerima bantuan tersebut terdiri atas pemberian jaminan hidup (jadup) kepada 87 orang, modal usaha untuk 159 orang, mualaf 33 orang dan petugas penggali kubur 274 orang.
 
Ketua Baznas Kota Bengkulu Habib Abdurahman Alkaf menyebutkan dengan adanya penyaluran ZIS tersebut, para mustahik  berbahagia karena mendapat perhatian lebih dari Pemkot Bengkulu.
 
"Penyaluran bantuan tersebut berjalan lancar dan para mustahik pun turut senang, mudah-mudahan bantuan ini membawa berkah," ujar dia.
 
Sejak Januari sampai dengan 30 November 2023 Baznas Kota Bengkulu telah menyalurkan bantuan modal untuk 112 orang pelaku usaha guna mempercepat pengentasan kemiskinan di wilayah tersebut.
 
Total dana yang telah disalurkan tersebut senilai Rp112 juta, sebab masing-masing pelaku usaha mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta.
 
"Baznas sebagai pengelola zakat, infak dan sedekah tidak hanya bergerak dalam bidang sosial yang sifatnya jangka pendek saja, melainkan juga mempunyai program produktif demi mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.
 
Bantuan yang disalurkan bermacam-macam seperti pemberian gerobak, payung, etalase, uang tunai dan lainnya guna mendukung perkembangan usaha kecil di Bengkulu.
 
Ia menyebutkan bantuan modal usaha tersebut untuk memberdayakan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bengkulu dengan ketentuan syarat yang berlaku.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023