Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah melepas peserta "balik besamo" atau mudik gratis Lebaran 1436 Hijriah dari Jakarta menuju Bengkulu yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Bengkulu.

"Peserta dibatasi 10 orang tiap kabupaten jadi ada 100 orang tapi ternyata peminatnya tinggi," kata Gubernur Junaidi saat dihubungi dari Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan peserta "balik besamo" tersebut dilepas dari Mess Pemprov Bengkulu di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur.

Ada dua bus yang membawa pemudik dari Jakarta menuju Bengkulu. Dua bus tersebut mampu membawa 100 orang pemudik.

Sedangkan kelebihannya berangkat menggunakan mobil kecil yang difasilitasi pemerintah daerah.

"Ada beberapa unit kendaraan kecil yang diupayakan panitia sehingga seluruh peserta bisa mudik," ucapnya.

Gubernur mengatakan acara mudik gratis tersebut diperuntukkan bagi warga Bengkulu yang bermukim di Jakarta dengan kategori keluarga kurang mampu.

Pemerintah Provinsi Bengkulu kata dia hanya memfasilitasi mudik gratis, sedangkan saat balik ke ibukota akan ditanggung oleh masing-masing peserta.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun kedua itu menurut gubernur juga bertujuan untuk mempererat silaturami antarwarga Bengkulu yang bermukim di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Salah seorang peserta "balik besamo", Zulkarnaen mengatakan kegiatan tahunan yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Bengkulu itu patut diapresiasi, sebab meringankan beban masyarakat.

"Apalagi ongkos angkutan penumpang saat arus mudik dan balik juga meningkat dari hari normal, jadi ini sangat membantu," katanya.

Ia mengharapkan program tersebut terus ditingkatkan oleh pemerintah provinsi dan diikuti pemerintah kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Bengkulu.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015