Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan, sebanyak tiga kelompok tani di daerah ini akan menerima program peremajaan tanaman kelapa sawit dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).
 
Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Iwan Cahaya di Mukomuko, Bengkulu, Jumat, mengatakan, dari empat kelompok tani awal, kini baru tiga yang tandatangan tiga pihak, yakni kelompok tani, Kementan, dan BPDPKS.
 
"Tiga kelompok tani ini sudah mendapatkan rekomendasi teknis dari Kementan melalui Ditjen Perkebunan," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, sebanyak tiga kelompok tani itu adalah KRP Masad Jaya I di Desa Lubuk Talang, KRP Tanera Sejahtera Desa Bunga Tanjung, KRP Mukomuko Kelurahan Pasar Mukomuko, sedangkan KRP Tunas Harapan Desa Manjuto Jaya belum menerima program ini.
 
Ia mengatakan, sebanyak empat kelompok tani di daerah ini mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan perkebunan kelapa sawit seluas sekitar 777 hektare kepada pemerintah pusat.
 
Kemudian, lokasi lahan perkebunan kelapa sawit milik empat kelompok tani ini telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
 
Ia menjelaskan, persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni dari usulan program peremajaan sawit seluas 777 hektare milik empat kelompok tani, hanya 0,23 hektare yang masuk hutan.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebanyak delapan kelompok tani di daerah ini mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit yang kini sudah tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan seluas sekitar 2.541 hektare.
 
"Ada delapan kelompok tani yang mengusulkan program peremajaan sawit. Kelompok tani ini tersebar di sejumlah wilayah daerah ini," ujarnya.
 
Selain empat kelompok tani yang awal mengusulkan, empat kelompok lainnya baru menyampaikan usulan, yakni KRP Maju Bersama Desa Air Merah, KRP Sungai Barau Desa Lubuk Bangko, KRP Bukit Barisan Desa Gajah Makmur, dan Palang Kenidai Desa Bunga Tanjung.
 
Ia mengatakan, empat kelompok tani mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan kebun sawit sekitar 1.764 hektare.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023