Pemerintah Kota  Bengkulu melantik 1.233 personel Linmas di wilayah tersebut untuk ikut membantu  pengamanan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera menyebutkan bahwa pemerintah membutuhkan 1.970 anggota.
 
"Pemerintah Kota Bengkulu telah melakukan pelantikan terhadap 1.233 personel Linmas untuk memenuhi kebutuhan di 985 tempat pemungutan suara pada Pemilu 2024," kata dia di Kantor Wali Kota Bengkulu, Senin.

Baca juga: Perludem minta KPU sediakan posko kesehatan untuk petugas KPPS
 
Menurut dia, perekrutan personel Linmas tersebut dilakukan melalui kelurahan dan telah dibentuk 1.233 anggota Linmas oleh pihak kecamatan.
 
Setiap TPS di Kota Bengkulu akan dijaga oleh dua personel Linmas untuk membantu pengamanan Pemilu 2024 sebab Linmas tersebut akan diberi pelatihan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).
 
Saat ini Pemkot Bengkulu sedang membahas mekanisme sebelum Surat Keputusan (SK) terkait Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
 
"Kita harapkan bisa selesai sebelum SK KPPS turun, dan dipastikan sebelum 14 Februari 2024 mendatang, semua sudah selesai," terangnya.
 
Sementara itu, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melakukan perekrutan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pemilu 2024.

Baca juga: Polisi tindak kendaraan kampanye pakai pelat dinas Polri
 
Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent, menerangkan penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS di wilayah tersebut dilakukan pada 11 hingga 20 Desember 2023.
 
"Untuk tahapan pembentukan KPPS jelang Pemilu 2024 akan dimulai pada 11 Desember, 2023" terangnya.
 
Perekrutan terhadap 6.895 anggota KPPS tersebut dilakukan sebab setiap satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bengkulu sebanyak tujuh orang dan total keseluruhan TPS di wilayah tersebut sebanyak 985 lokasi.
 
Anggi menyebutkan, pendaftaran anggota KPPS akan dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan masing-masing di Kota Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023