Pemerintah Provinsi Bengkulu memastikan pembangunan irigasi daerah rampung di akhir Desember 2023 ini atau sebelum memasuki masa tanam di musim hujan di awal 2024.
"Yang di Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara itu targetnya kan sampai akhir Desember, jadi masih ada waktu, kami optimistis selesai tepat waktu," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso di Bengkulu, Kamis.
 
Dia mengatakan seluruh pembangunan irigasi memang ditargetkan selesai sebelum masuk musim hujan. Tujuannya agar pembangunan berjalan efektif dan juga tidak mengganggu masa tanam para petani.
 
Pemerintah Provinsi Bengkulu, menurut dia, setidaknya pada 2023 ini berupaya merampungkan pembangunan dan perbaikan 6 irigasi daerah.

Dia mengatakan keberadaan enam irigasi tersebut nantinya diharapkan mampu mendukung dan meningkatkan produktivitas pertanian padi Bengkulu.
 
"Dikerjakan saat kemarau, masyarakat juga sedang menanam palawija, jadi tidak mengganggu tanaman masyarakat. Setelah rampung nantinya irigasi akan mendukung pertanian padi Bengkulu," kata dia.
 
Enam irigasi yang dibangun dan diperbaiki Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut yakni irigasi kawasan pertanian di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lebong, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kepahiang.
 
Provinsi Bengkulu mengupayakan untuk mempercepat pembangunan maupun perbaikan irigasi guna mencegah keterlambatan atau gangguan musim tanam padi.
 
Menurut dia, dengan perbaikan dan juga pembangunan irigasi baru, ke depannya dapat menjadi upaya daerah mengoptimalkan potensi air untuk dimanfaatkan dalam pertanian.


 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023