Kepala Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu, AKBP Nuswanto mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif saat pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami berpesan kepada para jemaat yang merayakan Natal dan seluruh masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah, khususnya saat pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata Kapolres Mukomuko Nuswanto di Mukomuko, Senin.

Kapolres mengatakan hal itu saat melakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan dalam rangka Operasi Lilin 2023, salah satunya dilakukan di HKBP Resort Penarik yang berada di Kecamatan Penarik.

Pengecekan ini dilakukan oleh Kapolres bersama pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Bupati Mukomuko, kepala Dinas Perhubungan, kepala Basarnas, dan sejumlah pejabat utama Polres Mukomuko.

Nuswanto mengatakan pihaknya melakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan dalam rangka Operasi Lilin 2023 sejak malam perayaan Natal 2023 sampai sekarang.

Dia menjelaskan tujuan pengecekan kesiapan anggota dan petugas jaga di setiap gereja untuk memberikan rasa nyaman dan aman khususnya kepada para jemaat yang merayakan Natal 2023, dan masyarakat yang merayakan Tahun Baru 2024.

“Pengecekan ini agar meningkatkan keamanan diri serta lingkungan. Berhati-hati dalam bertugas, jaga kesehatan dan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia menyebut pengamanan selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerahnya melibatkan sebanyak 110 personel gabungan dan beberapa personel ditempatkan pada satu pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

Personel gabungan pengamanan ini terdiri dari berbagai unsur, yakni TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senkom, dan unsur pendukung lainnya.

"Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, potensi gangguan seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan kepadatan penumpang di terminal atau loket agen jasa angkutan menjadi perhatian bersama," ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023