Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk rehabilitasi rekonstruksi pembangunan gedung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 di wilayah tersebut pascakebakaran.

"Saya pastikan sekolah tersebut segera dibangun karena merupakan kebutuhan mendesak untuk proses belajar mengajar, dengan  menggunakan dana BTT untuk pembangunan ulang rehab rekonstruksi pasca kebakaran," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Raya Semarak Bengkulu, Minggu.
 
Sebelum dilakukan pembangunan,  ia meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menghitung total kerugian pasca-sejumlah ruangan di sekolah tersebut terbakar.
 
Kemudian Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu melakukan penyusunan perencanaan rehabilitasi rekonstruksi dan tindakan.
 
"Kemudian penggunaan dana BTT untuk kepentingan mendesak dan dengan model e-Katalog untuk menunjuk proses pengadaan sehingga pada Januari 2024 dapat dikerjakan," ujarnya. 
 
Sementara itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu memastikan kegiatan belajar mengajar di SMKN 3 Kota Bengkulu tetap berjalan baik pasca-kebakaran beberapa waktu lalu.
 
Kepala Disdkbud Provinsi Bengkulu Saidirman menerangkan siswa SMKN 3 Bengkulu akan masuk sekolah pada 8 Januari 2024 dan proses belajar mengajar akan dilakukan sementara di kelas jauh yang berada di Kelurahan Lempuing.
 
"Sekolah masuk lagi pada 8 Januari 2024 dan SMKN 3 Bengkulu ini punya 12 ruang kelas jauh yang berada di belakang SMKN 7 di Lempuing," katanya. 
 
Di sisi lain Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Provinsi Bengkulu Rainer Atu menyebutkan pihaknya telah meminta tiap jurusan untuk mendata keperluan masing-masing agar dapat koordinasi dengan sekolah lain untuk praktik sekolah.
 
Sebelumnya Tim Inafis Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di SMKN 3 Bengkulu untuk penyebab pasti terjadinya kebakaran yang menghanguskan 32 ruangan di sekolah tersebut.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023