Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan melibatkan ratusan mahasiswa setempat dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di wilayah itu.

"Proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong ini akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Januari 2024. Pelipatan ini akan melibatkan ratusan mahasiswa IAIN Curup," kata Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin.

Baca juga: Dinsos Rejang Lebong libatkan instansi lain untuk penanganan ODGJ

Dia menjelaskan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk empat macam pemilihan tersebut ditargetkan akan selesai dalam 10 hari ke depan, di mana surat suara ini terdiri dari empat macam pemilihan dengan jumlah mencapai 851.884 lembar.

Surat suara yang akan disortir dan lipat itu di luar surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang telah lebih dahulu tiba serta sudah dilakukan penyortiran serta pelipatan.

Surat suara Pemilu legislatif yang akan disortir dan lipat ini diantaranya surat suara pemilihan DPR-RI sebanyak 212.971 lembar, jumlah ini sesuai dengan DPT sebanyak 208.394 orang ditambah cadangan 2 persen atau sebanyak 4.577 lembar.

Kemudian surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Bengkulu sebanyak 212.971 lembar. Selanjutnya surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Bengkulu Dapil 4 sebanyak 212.971 lembar.

Baca juga: Puskesmas Talang Rimbo Lama Rejang Lebong tingkatkan pelayanan masyarakat

Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong terbagi dalam empat daerah pemilihan, untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 1 sebanyak 56.070 lembar, jumlah ini sudah termasuk 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU).

Seterusnya surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 2 yang sudah termasuk surat suara PSU sebanyak 47.053 lembar. Surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 3 termasuk surat suara PSU sebanyak 49.996 lembar. Serta surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 4 ditambah surat suara PSU sebanyak 63.852 lembar.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong ini akan dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Rejang Lebong di Kecamatan Curup Tengah dengan pengawasan petugas KPU dan Bawaslu juga petugas TNI/Polri daerah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024