Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan penanaman 30 ribu bibit bunga di sejumlah taman dan median jalan guna mempercantik wilayah tersebut.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan di Bengkulu, Jumat, menyebutkan penanaman bibit bunga tersebut dilakukan untuk mengganti tanaman yang sempat rusak karena sejumlah faktor, seperti kekeringan pada musim kemarau dan rusak terinjak masyarakat.
 
"Kita sudah persiapkan untuk penanaman untuk mengganti tanaman kita yang pernah rusak karena kemarau, dan itu setidaknya butuh sekitar 20 ribu hingga 30 ribu tanaman," kata dia.
 
Saat ini, DLH Kota Bengkulu sedang melakukan persiapan terhadap 30 ribu bibit bunga dan akan dilakukan penanaman setelah Kota Bengkulu memasuki musim hujan.

Ia menerangkan penanaman bibit bunga tersebut terdiri atas penggantian dan penanaman baru bunga di setiap sudut Kota Bengkulu.
 
Penanaman bunga tersebut dilakukan untuk mempercantik dan memperindah tampilan Kota Bengkulu.

Terkait dengan penyediaan bibit bunga, pihaknya mendapatkan secara gratis dengan melakukan pengembangbiakan, baik melalui stek maupun metode lain secara mandiri oleh Bidang Pertamanan DLH Kota Bengkulu.

"Kita siapkan sendiri melalui Bidang Pertamanan, mereka melakukan metode-metode untuk mengembangbiakkan tanaman tersebut," ujar dia.

Oleh karena itu, Riduan berharap, masyarakat sekitar dapat saling mengawasi, merawat, dan menegur warga yang akan menginjak tanaman saat menyeberang median jalan atau melakukan perusakan terhadap bunga tersebut.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024