Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyalurkan bantuan sembako untuk warga yang rumahnya tersambar petir di Desa Sinar Jaya, Kecamatan Air Manjuto.
 
"Bantuan tersebut berupa sembako dan sandang seperti pakaian dan selimut," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriyani Ilyas di Mukomuko, Jumat.
 
Satu rumah warga di Desa Sinar Jaya, Kecamatan Air Manjuto, tersambar petir pada hari Ahad (14/1) sekitar pukul 20.00 WIB pada saat curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kecamatan Air Manjunto.
 
Akibat kejadian tersebut mengakibatkan satu orang warga mengalami luka-luka dan barang elektronik di dalam rumah warga tersebut mengalami kerusakan parah.
 
Ia mengatakan untuk sementara ini pemerintah daerah belum bisa memberikan banyak bantuan sembako termasuk sandang kepada warga yang rumahnya tersambar petir karena belum ada anggaran untuk membeli logistik bencana tahun 2024.
 
Ia menambahkan, kini instansi mencoba mengusulkan bantuan sosial kepada Sentra Darma Guna Bengkulu serta Dinas Sosial yang dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban tersambar petir termasuk warga yang terkena musibah bencana alam lainnya.
 
"Kita berharap mudah-mudahan usulan logistik bencana berupa makanan dan sandang dari dinas ini dapat diakomodir oleh pihak Sentra Darma Guna Bengkulu," ujarnya.
 
Sementara itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapat penambahan anggaran sebesar Rp500 juta yang diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk kegiatan rehabilitasi sosial tahun 2024.
 
Fitriani Ilyas mengatakan dana itu tidak dibelanjakan kalau tidak ada kondisi membutuhkan bantuan. Artinya, Dinsos membelanjakan dana itu kalau ada musibah atau bencana alam.
 
"Kini dana BTT itu jadi dana kegiatan di dinas ini, tetapi kami belanja kondisional karena kami tidak mau membelanjakan kalau barang menumpuk dan akhirnya rusak di gudang," ucapnya.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024