Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan benih jagung hibrida super kepada dua kelompok tani di sejumlah wilayah Kecamatan Air Manjuto.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Novi Hidayanti di Mukomuko, Jumat, mengatakan bantuan benih jagung untuk dua kelompok tani ini berasal dari stok cadangan dinas yang dibeli menggunakan APBD perubahan tahun 2023.
 
"Tahun ini benih jagung tersebut dibagikan kepada dua kelompok tani di wilayah Kecamatan Air Manjuto," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, dua kelompok tani yang menerima bantuan benih jagung hibrida super dari pemerintah daerah, yakni Kelompok Tani Sidodadi Desa Kota Praja dan Kelompok Tani Sidodadi II Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto.
 
Kelompok Tani Sidodadi Desa Kota Praja mendapatkan bantuan benih jagung untuk lahan seluas 17,5 hektare dan Kelompok Tani Sidodadi II Desa Agung Jaya mendapatkan bantuan benih jagung untuk lahan seluas 22 hektare.
 
Selanjutnya, katanya, dalam perkembangannya nanti, para petani yang menerima bantuan benih jagung dari pemerintah daerah didampingi oleh penyuluh pertanian bekerja sama dengan Babinsa.
 
Ia mengatakan, bantuan benih jagung untuk mendukung upaya khusus akselerasi peningkatan produksi jagung sekaligus pencanangan gerakan menanam dalam rangka pengendalian inflasi
 
Kemudian, katanya, bantuan benih jagung untuk mendukung upaya khusus akselerasi peningkatan produksi jagung.
 
Pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan Kodim 0428/Mukomuko karena mereka konsentrasi peningkatan ketahanan pangan wilayah.
 
Sementara itu, ia mengatakan, bahwa lahan yang ditanami jagung oleh petani tersebut dulunya merupakan lahan persawahan, karena air yang berasal dari irigasi tidak sampai ke sawah tersebut sehingga lahan tersebut ditanami jagung.

Selain lahan persawahan yang tidak masuk air, katanya, petani di wilayah ini juga memanfaatkan sawah yang sudah panen padi untuk ditanami jagung.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024