Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak delapan kelompok tani di daerah ini yang mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di atas lahan seluas sekitar 1.644 hektare.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Iwan Cahaya di Mukomuko, Sabtu, menyebutkan luas lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan mendapat program peremajaan sawit oleh delapan kelompok tani lebih luas dari target dinas ini tahun 2024 seluas 1.000 hektare.
 
"Dari sebanyak delapan kelompok tani yang mengusulkan program peremajaan sawit, baru dua kelompok tani yang sudah sampai pada tahap verifikasi data lahan, sedangkan enam kelompok tani baru sebatas menyiapkan dokumen dan belum diverifikasi," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, dua kelompok tani yang sudah sampai pada tahap verifikasi data, yakni KRP Sungai Barau Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya dan Talang Kenidai Desa Pernyah, Kecamatan Teramang Jaya.
 
Ia menjelaskan, dua kelompok tani ini sudah menerima rekomendasi program peremajaan sawit dari BPN terkait pengecekan lahan perkebunan kelapa sawit tersebut berada atau di luar hak guna usaha (HGU) perusahaan perkebunan kelapa sawit.
 
Tahapan selanjutnya, katanya, usulan verifikasi data lahan milik dua kelompok tani ini oleh Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH). Balai akan melakukan pengecekan untuk memastikan lahan perkebunan kelapa sawit berada dalam hutan atau tidak. 
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebanyak delapan kelompok tani di daerah ini yang mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit di atas lahan seluas sekitar 1.644 hektare, yakni KRP Sungai Barau Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya seluas 255 hektare. 
 
Kemudian Kelompok Tani Talang Kenidai Desa Pernyah, Kecamatan Teramang Jaya seluas 180 hektare, KRP Maju Bersama Desa Air Merah, Kecamatan Malin Deman seluas 385 hektare, KRP Bukit Barisan Desa Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman 192 hektare. 
 
Lalu Kelompok Tani Andalas Saiyo Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit seluas 150 hektare, Kelompok Tani Kanereh Batu Tunggal Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh seluas 189 hektare, Kelompok Tani Sahabat 3T Desa Talang Kuning, Kecamatan Teras Terunjam seluas 154 hektare, dan KRP Tri Karya Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman seluas 136 hektare.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024