Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp600 juta untuk honor 1.970 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah tersebut.
 
Sebanyak 1.970 personel Linmas tersebut akan melakukan tugas pengamanan di 985 Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang berada di sembilan kecamatan di Kota Bengkulu.
 
"Kita siapkan secara lengkap baik atribut seragam, lalu yang tidak kalah penting adalah kompetensi Linmas untuk melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari mendatang," kata Asisten I Setda Pemkot Bengkulu, Eko Agusrianto saat dikonfirmasi di Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Polresta Bengkulu dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk memberikan bimbingan, persiapan dan gelar pasukan terhadap Linmas tersebut.
 
Pelaksanaan kegiatan gelar pasukan, bimbingan teknis dan juga sosialisasi tersebut, terang dia, akan dilakukan pada 23 Januari 2024.
 
Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menyebutkan honor untuk Pemilu 2024 mengalami kenaikan yaitu Rp700 ribu per orang sebab pada Pemilu 2019 honor Linmas sebesar Rp650 ribu per orang.
 
Personel Linmas yang telah direkrut tersebut akan membantu melakukan penjagaan di 985 TPS yang tersebar di 67 kelurahan di Kota Bengkulu.
 
Sebelumnya, Pemkot Bengkulu melantik 1.233 personel Linmas di wilayah tersebut untuk melakukan pengamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera menjelaskan bahwa pemerintah membutuhkan 1.970 anggota namun, pihaknya telah memiliki 737 personel Linmas.
 
Perekrutan personel Linmas tersebut dilakukan melalui kelurahan dan telah dibentuk 1.233 anggota Linmas oleh pihak kecamatan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024