Sebanyak 2.300 personel gabungan  dari Polri, TNI, Linmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pemadam Kebakaran mengikuti apel  persiapan pengamanan Pemilu 2024.

Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata menyebutkan bahwa kegiatan apel tersebut bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan personel pengamanan pemilu.
 
"Ini apel gabungan personel pengamanan TPS Pemilu 2024 yaitu TNI, Polri, Satpol-PP, Linmas, BPBD dan Damkar. Tujuannya yaitu untuk mempersatukan, saling mengenal antar personel pengaman antar TPS," kata dia di Kota Merah Putih Bengkulu, Selasa.
 
Personel tersebut terdiri dari 290 anggota Polresta Bengkulu, 40 personel TNI dan sebanyak 1.970 personel Linmas.
 
Dengan dilaksanakan apel gabungan, para personel pengamanan Pemilu 2024 dapat saling mengenal antarpersonel lainnya dan dapat bersinergi saat melakukan pengamanan pemilu.
 
"Tujuannya untuk mempersatukan agar saling kenal antar personel. Waktu masih banyak, jadi bisa saling komunikasi dan berkoordinasi agar nanti langkah-langkah pengamanan semua personel paham apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan. Sehingga nanti dalam pelaksanaannya semua sudah siap dan matang. Kalaupun ada permasalahan sudah tahu harus koordinasi ke siapa," ujar dia.
 
Deddy berharap, pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 di Kota Bengkulu dapat berjalan aman, tertib, damai, nyaman dan tidak adanya tindakan yang merusak proses pemungutan suara tersebut.
 
Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi menerangkan bahwa Pemkot Bengkulu siap bekerja sama dalam menyukseskan Pemilu 2024.
 
"Kita siapkan untuk menjaga kondusivitas di Kota Bengkulu. Pemilu harus berjalan aman dan damai jangan sampai masyarakat terpecah belah. Karena hal ini rawan terjadi saat pelaksanaan pemilu," ujar dia
 
Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa pemilu.
 
Serta mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, jujur, cerdas dan bertanggung-jawab.
 
"Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan. Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman," sebutnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024