Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun 2024 menargetkan produksi ikan tangkap di pesisir pantai daerah tersebut mencapai 23.651 ton.
 
Kabid Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Mukomuko Warsiman, di Mukomuko, Sabtu, mengatakan target produksi perikanan tangkap tahun ini meningkat dua persen dibandingkan dengan target tahun sebelumnya yang 23.188 ton.
 
"Kami berharap setiap tahun ada peningkatan target produksi perikanan tangkap, karena setiap tahun itu ada penambahan sarana dan prasarana perikanan tangkap," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, dengan adanya penambahan sarana dan prasarana perikanan tangkap diharapkan dapat diimbangi dengan peningkatan produksi perikanan tangkap.
 
Apalagi produksi perikanan tangkap dari perairan laut di wilayah ini pada 2023 mencapai 24.190 ton, atau meningkat dibandingkan sebelumnya 19.699 ton.
 
Selain itu, katanya lagi, produksi perikanan tangkap tahun 2023 melebihi dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah sebesar 23.188 ton.
 
Menurutnya, produksi perikanan tangkap tahun 2023 melebihi target, karena tahun 2023 itu bisa di bilang masa panen raya bagi nelayan, di mana musim ikan itu tidak setiap tahun, beberapa tahun sekali baru musim ikan.
 
Kemudian pada saat musim ikan seperti itu, katanya, geliat masyarakat nelayan sangat tinggi melaut sehingga pada saat itu bagaimana semua armada kapal diturunkan melaut.
 
Kemudian bantuan sarana perikanan tangkap seperti mesin tempel dan alat tangkap yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat pada tahun sebelumnya secara otomatis memberikan kontribusi
 
Karena memang mereka yang mesinnya rusak dan daya mesin atau alat tangkap tidak maksimal bisa memaksimalkan daya mesin kapalnya.
 
Sedangkan musim ikan di perairan laut daerah ini tahun 2023 musim ikan bawal, layur, dan manyung, dan jenis ikan ini nilai jualnya tinggi dan mayoritas dijual atau diekspor keluar daerah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024