Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyediakan fasilitas alat Ultrasonography (USG) untuk membantu pemeriksaan kehamilan di 17 puskemas di daerah ini.
 
"Kita menyediakan alat USG kehamilan di puskesmas guna mendekatkan akses pelayanan kesehatan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Ahad.
 
Ia mengatakan selain pemenuhan alat USG kehamilan serta melatih dokter di puskesmas untuk menggunakan alat tersebut, juga sudah ada sebagian dokter puskesmas yang sudah dilatih.
 
Ia menambahkan, instansinya juga mengajak dokter spesialis kandungan dan anak "road show" ke puskesmas dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tenaga medis di puskesmas daerah ini.
 
"Kita kumpulkan semua petugas medis puskesmas seperti bidan dan perawat dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.
 
Ia mengajak dokter spesialis melatih tenaga kesehatan di puskesmas mengoperasikan alat USG kehamilan serta peralatan lain sebagai upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi.
 
Petugas medis puskesmas harus memiliki kapasitas dan pengetahuan tentang kapan pasien mau dirujuk dan tindakan apa yang harus dilakukan dengan harapan pasien yang dirujuk benar benar masih bisa ditolong.
 
Pihaknya menjadwalkan bulan Februari tahun ini dokter spesialis ke puskesmas untuk memberikan pembinaan dan pelatihan memaksimalkan peralatan untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi.
 
Ia menjelaskan, kalau dinas mengundang tenaga medis untuk mengikuti pelatihan di kabupaten, mereka tidak terlalu mendengarkan, untuk itu lebih baik dinas jemput bola dalam melatih tenaga medis puskesmas.
 
"Jadi para petugas kesehatan bisa melihat langsung dokter spesialis bekerja seperti apa sambil dipraktekkan dokter spesialis ke puskesmas untuk pembinaan dan bimbingan," ujarnya.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024