Bengkulu,  (ANTARA Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu segera melakukan verifikasi berkas dukungan para bakal calon perseorangan dalam pemilihan umum wali kota dan wakil wali kota Bengkulu periode 2012-2017.

Menurut Ketua KPU Bengkulu, Salahudin Yahya, di Bengkulu, Minggu, saat ini sebanyak 67 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Bengkulu melakukan pengecekan seluruh dokumen dukungan bakal calon perseorangan pemilukada di daerahnya itu.

PPS menurut dia, berwenang menyeleksi dokumen dukungan para bakal calon perseorangan tersebut.

Seluruh dokumen para bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang sudah mendaftarkan diri ke KPU Bengkulu itu, telah diserahkan ke PPS untuk diseleksi kebenaran dukungannya.

Ia menjelaskan, setelah dokumen itu berada di PPS, sudah menjadi kewenangan para PPS untuk memverifikasinya.

Ketua dan anggota PPS di seluruh kelurahan di daerah itu, perlu melakukan verifikasi, termasuk menanyakan langsung kepada warga kebenaran dukungan terhadap pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bengkulu, seperti yang tercantum dalam surat dukungan yang telah ditandatangani itu, ujar dia lagi.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Hukum KPU Bengkulu, Ispal Andri menjelaskan bahwa pelaksanaan verifikasi dokumen dukungan bakal calon perseorangan akan dilaksanakan mulai 7-21 Mei, pada masing-masing kelurahan.

"Bila warga tidak mengakui dokumen dukungan yang telah diberikan kepada pasangan bakal calon itu, berarti surat dukungan akan dibatalkan dan jumlah dukungan terhadap pasangan itu dikurangi," kata dia.

Bila dokumen berkurang dari minimal persyaratan jumlah dukungan, pasangan bakal calon tersebut akan dinyatakan tidak lolos verifikasi dan terpaksa dibatalkan pencalonannya, ujar Ispal lagi.

Setiap pasangan yang mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan itu, diharuskan menyerahkan surat keterangan dukungan minimal berjumlah 18.895 orang atau lima persen dari total jumlah penduduk di Kota Bengkulu, yakni 377.881 orang.

Ia menjelaskan, hingga saat ini sudah ada empat pasangan bakal calon yang akan mengikuti pemilukada Bengkulu itu melalui jalur perseorangan, dan telah dinyatakan lulus verifikasi administrasi jumlah minimal dukungan.

Pasangan yang pertama kali mendaftarkan diri, yakni Basri Muhammad dan Hutapia Wazir, pada pembukaan pendaftaran Selasa (1/5).

Kemudian tiga pasangan lainnya telah mendaftar pada Kamis(3/5), yakni Evi Trilenza Sulaiman dan Endang Sumantri, Firdaus Rosid dan Suroto, serta Hakman Novi dan Khairudin Wahid.

Pada Jumat(4/5), pasangan yang mendaftar, yakni Ridwan Marigo dan Bowo Triyanto, disusul pada Sabtu (5/5), beberapa pasangan lagi. (mhe)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012