Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan penyaluran beras bantuan pangan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Adzie Zulfikar Rahman di Rejang Lebong Selasa mengatakan, bantuan pangan tersebut merupakan lanjutan dari Tahun 2023 lalu.

Bantuan pangan ini berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), di mana Bulog ditunjuk sebagai penyedia barang yaitu beras.

Baca juga: Bulog Rejang Lebong siapkan stok 4,1 ton daging kerbau beku

"Bulog Cabang Rejang Lebong per bulan menyalurkan sebanyak 424.640 kg, tersebar dalam tiga kabupaten yakni Rejang Lebong sebanyak 196.740 kg, kemudian Kepahiang sebanyak 127.700 kg, dan Kabupaten Lebong sebanyak 100.200 kg," katanya.

Dia menjelaskan, bantuan pangan ini diberikan kepada 42.464 warga tidak mampu atau penerima bantuan pangan (PBP) tersebar dalam tiga kabupaten. Masing-masing PBP menerima beras bantuan sebanyak 10 kg.

Data kalangan warga yang menerima bantuan pangan tahun 2024, katanya, menggunakan data Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yaitu data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Sedangkan penyaluran bantuan pangan pada tahun sebelumnya menggunakan data data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Baca juga: KPU Rejang Lebong pastikan kondisi logistik pemilu terjaga baik

Menurut dia, untuk pihak yang bertindak selaku pengangkutan beras (transporter) wilayah Sumatera adalah PT POS Indonesia, yang bertugas mendistribusikannya mulai dari depan gudang sampai ke titik distribusi di masing-masing kecamatan.

"Sesuai dengan surat dari Badan Pangan Nasional kegiatan Bantuan Pangan ini sampai dengan 6 bulan atau bulan Juni nanti," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya program ini nantinya dapat membantu masyarakat mengantisipasi krisis pangan, pengendalian inflasi dan melindungi masyarakat dari fluktuasi harga.

Apalagi ini juga menjadi salah satu komitmen pemerintah untuk mendukung ketersediaan pangan yang cukup di masyarakat.

Baca juga: KPU Rejang Lebong perbarui data pemilih Pemilu 2024

Sementara itu, pada pendistribusian perdana bantuan pangan untuk bulan Januari 2024 ini dipusatkan di Gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang berada di kawasan Durian Depun, dihadiri sejumlah pejabat dari tiga kabupaten.

Bantuan pangan yang disalurkan ini di antaranya untuk dua kecamatan di Rejang Lebong yakni Kecamatan Curup Kota sebanyak 11.570 kg, dan Kecamatan Curup Timur sebanyak 11.990 kg.

Selanjutnya untuk dua kecamatan di Kabupaten Kepahiang yakni Kecamatan Ujan Mas sebanyak 21.200 kg, dan Kecamatan Merigi sebanyak 7.690 kg.

Serta tiga kecamatan di Kabupaten Lebong yang meliputi Kecamatan Rimbo Pengadang sebanyak 5.550 kg, Kecamatan Topos sebanyak 5.670 kg dan Kecamatan Lebong Selatan sebanyak 15.770 kg.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024