Rejanglebong (Antara) - Dari tujuh pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, rekening awal dana kampanye pasangan Syamsul Effendi-Adnan tercatat paling banyak.

Menurut keterangan Kasubag Hukum Sekretariat KPU Rejanglebong Sudirman, pasangan Syamsul Effendi-Adnan dalam laporan awal dana kampanye setempat mencapai Rp250 juta, kemudian disusul pasangan Anom Chan-Joni Rp33,7 juta.

Pasangan Fatrolazi-Nurul Khairiyah Rp10 juta, pasangan Tugiman-Sudirman Rp5 juta, pasangan Alrullah-Heri Puerwanto Rp1 juta, pasangan Hijazi-Ibal Bastari Rp1 juta dan untuk pasangan Jhon Ferianto-Bambang Aryanto tercatat paling kecil dengan jumlah sebesar Rp500 ribu.

"Dari tujuh pasangan Cabup dan Cawabup semuanya sudah menyerahkan laporan awal dana kampanye terhitung 26 Agustus 2015. Laporan dana awal kampanye atau LADK ini baik yang berbentuk uang maupun barang dan jasa yang selanjutnya akan dikonversikan nilainya itu, nantinya akan diaudit oleh akuntan publik sehingga harus dilaporkan dengan benar," katanya.

Penyerahan rekening kampanye dan dilaporkan secara berkala tersebut kata dia, sesuai dengan PKPU No.8/2015, tentang dana kampanye Pilkada bupati dan wakil bupati. Untuk itu ketujuh pasangan Cabup dan Cawabup harus mematuhinya, karena jika tidak dibuat pasangan calon yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dari pencalonan.

Rekening khusus kampanye yang diserahkan ini tambah dia, juga harus dilaporkan secara berkala sesuai dengan pasal 20 PKPU No.8/2015.

Pelaporan ini dibagi menjadi tiga tahapan, pertama laporan awal dana kampanye (LADK) yang diserahkan per 26 Agustus, kemudian laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) yang dilaporkan per 16 Oktober dan laporan penerimaan pengeluran dana kampanye (LPPDK)  yang sudah diserahkan paling lambat 6 Desember 2015.

Sementara itu ketua KPU Rejanglebong, Halid Saifullah, mengimbau para peserta pilkada mematuhi ketentuan dalam penyelenggaraan pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang, karena jika tidak mereka bisa didiskualifikasi dari pencalonan.

Adapun tujuh pasangan Cabup dan Cawabup yang akan bertarung di Pilkada Rejanglebong kali ini tiga diantaranya berasal dari jalur perseorangan yakni pasangan Alrullah Jambak-Heri Purwanto dengan jumlah dukungan sebanyak 25.600, kedua pasangan Ahmad Hijazi-Iqbal Bastari dengan dukungan 27.952, ketiga pasangan Anom Chan-Joni dengan dukungan 23.375.

Selanjutnya pasangan Syamsul Effendi-Adnan yang dicalonkan gabungan Parpol partai Gerindra, PKS, PKB dan PAN dengan jumlah kursi dewan sebanyak 10 kursi. Pasangan Fatrolazi-Nurul Khairiyah dicalonkan PDIP dan Nasdem dengan jumlah kursi tujuh.

Pasangan Jhon Feriyanto-Bambang Aryanto dicalonkan Partai Golkar dan PPP dengan jumlah kursi dewan tujuh. Serta pasangan Tugiman-Sudirman yang dicalonkan Partai Demokrat dan Hanura dengan jumlah kursi dewan sebanyak enam kursi.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015