Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan proses rekapitulasi atau penghitungan surat suara Pemilu 2024 di wilayah itu saat ini sudah mencapai 58 persen.

Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di daerah itu dilangsungkan di 816 TPS tersebar dalam 156 desa/kelurahan.

"Sampai hari ini penginputan hasil rekapitulasi perolehan suara untuk semua pemilihan ke aplikasi sistem rekapitulasi pemilu atau Sirekap sudah bagus, sudah mencapai 58 persen," kata dia.

Dia menjelaskan, hasil sementara penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 ini baik Pilpres, dan pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi Bengkulu serta pemilihan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong tersebar dalam empat daerah pemilihan (dapil).

Proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong, kata dia, untuk tingkat KPPS semuanya sudah selesai. Tidak ada pemungutan suara ulang, dan sedangkan disiapkan pelaksanaan rapat pleno penghitungan perolehan suara di 15 kecamatan (PPK) yang akan dilaksanakan pada 18 Februari nanti.

Menurut dia, pada penghitungan perolehan suara ini akan dilakukan dengan metode paralel hal ini berkacamata dengan Pemilu 2019, di mana untuk kecamatan yang jumlah TPS nya lebih dari 60 menggunakan sistem paralel dan yang kurang dari itu seperti biasa.

"Pada sistem paralel ini dilakukan dua pleno per desa, di mana itu terkoneksikan satu tempat dengan tempat lain dengan menggunakan aplikasi Sirekap dan bisa dilaksanakan dalam satu ruangan yang penting harus luas. Masing-masing pleno satu orang saksi," terang dia.

Dia menambahkan, dari 15 kecamatan di Rejang Lebong yang akan melaksanakan penghitungan suara dengan sistem pleno ini di antaranya di wilayah Kecamatan Selupu Rejang, Kecamatan Curup Kota, Curup Tengah dan beberapa kecamatan lainnya yang memiliki TPS berjumlah lebih dari 60 TPS.

Sejauh ini pascapemungutan dan penghitungan suara di tingkat KPPS tersebar dalam 156 desa di Rejang Lebong, kata Ujang, semua logistik Pemilu 2024 telah kembali masuk ke gudang penyimpanan sementara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024