Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu memastikan stok daging cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi menyebutkan saat ini populasi hewan jenis sapi, kambing, dan domba di daerah itu mencapai ratusan ribu ekor.
 
"Masyarakat Bengkulu dipastikan tidak akan kekurangan daging selama Ramadhan dan perayaan Idul Fitri," kata dia di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait guna memastikan ketersediaan daging selama periode menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut kami selalu berkoordinasi dengan Bulog terkait ketersediaan daging beku sebagai alternatif jika sewaktu-waktu terjadi kekurangan stok daging segar," ujarnya.
 
Jika terjadi peningkatan kebutuhan, pemotongan hewan ternak baik sapi maupun kerbau akan dilakukan di wilayah Provinsi Bengkulu agar dapat memenuhi permintaan masyarakat secara optimal.
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu mengimbau agar seluruh peternak di wilayah tersebut dapat memanfaatkan teknologi inseminasi buatan (IB) guna meningkatkan populasi hewan ternak.
 
"Kami meminta peternak manfaatkan teknologi IB agar ke depan daerah ini bisa swasembada ternak daging," jelas Syarkawi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024