Pemerintah Kota Bengkulu mendapat tambahan kuota sebanyak 3.000 penerima program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI.

Koordinator PKH Kota Bengkulu Piriadi di Bengkulu, Jumat, menyebutkan bahwa pada 2023 daerah itu mendapat bantuan dari Kementerian Sosial untuk 9.526 PKH dan pada 2024 mendapat tambahan 3.000 penerima.
 
Ia menyebutkan, pada 2024 total penerima PKH di Kota Bengkulu menjadi sebanyak 12.526 orang dan saat ini untuk kuota tambahan masih dalam proses pendataan.
 
Untuk kriteria masyarakat yang mendapatkan PKH yaitu keluarga kurang mampu secara finansial atau di dalam garis kemiskinan. Penyaluran PKH terbagi dalam beberapa kategori seperti kategori pendidikan, ibu hamil dan lansia.
 
Untuk anggarannya juga berbeda seperti PKH untuk pendidikan SD Rp750 ribu per tahun, SMP Rp900 ribu dan SMA sebesar Rp1,5 juta per tahun.
 
Kemudian, untuk kategori disabilitas dan lansia Rp2,4 juta per tahun dan ibu hamil atau balita sebesar Rp3 juta per tahun.
 
"Untuk kategori penerima bansos PKH adalah masyarakat yang secara finansial harus dibantu dan memerlukan bantuan atau sering disebut dengan masyarakat yang berada dalam garis kemiskinan," ujar Piriadi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Sahat Marulita Situmorang menerangkan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi secara penuh terkait penerima PKH.

Ia mengimbau seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) untuk bersama-sama mengintrospeksi diri. Jika dirasa sudah mampu agar segera mengundurkan diri dari penerima, sebab masih banyak yang membutuhkan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024