Kepolisian Resor Rejang Lebong, Bengkulu, menyiapkan pendirian lima pos pengamanan dan pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah itu.

Kepala Bagian Operasional Polres Rejang Lebong Ajun Komisaris Polisi Bintoro Thio Pratama pada rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Markas Polres Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pengamanan Lebaran itu dikemas dalam Operasi Ketupat Nala 2024 yang dilaksanakan tanggal 4 hingga 16 April.

"Pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini, Polres Rejang Lebong telah menyiapkan lima pos polisi, terdiri atas tiga pos pelayanan dan dua pos pengamanan," katanya.

Untuk pos pelayanan akan didirikan di kawasan Pasar Bang Mego Curup, lokasi wisata Pemandian Suban Air Panas di Kecamatan Curup Timur dan Danau Mas Harun Bastari di Kecamatan Selupu Rejang.

Sedangkan pos pengamanan didirikan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yakni di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi, dan satu lagi di Pos Kontainer Desa Taba Padang, Kecamatan Binduriang.

"Pendirian pos pengamanan dan pelayanan Idul Fitri itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat setempat maupun pemudik yang lewat di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Polres Rejang Lebong Komisaris Polisi Tekat Parmo mengatakan rapat lintas sektor itu dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat Nala 2024 guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan tindak kejahatan maupun membludaknya pengunjung di lokasi wisata saat libur Lebaran.

"Operasi ini juga untuk meningkatkan rasa aman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di Kabupaten Rejang Lebong," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan rakor yang diikuti jajaran Polri, TNI, pemkab dan berbagai instansi terkait itu juga untuk menyamakan persepsi dalam rangka menyukseskan Operasi Ketupat Nala 2024.

"Rapat koordinasi ini diadakan sebagai respons terhadap pentingnya sinergi antarinstansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024