Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu memfasilitasi pelaksanaan tradisi takbir keliling masyarakat untuk menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah di daerah ini.
 
"Takbir keliling merupakan tradisi masyarakat adat di daerah ini untuk menyambut Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, untuk itu pemerintah daerah memfasilitasi pelaksanaannya," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Amri Kurniadi di Mukomuko Jumat.
 
Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mukomuko sebelumnya menerima masukan dari tokoh adat terkait dengan pelaksanaan takbir keliling untuk menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Setelah menerima masukan tersebut, katanya, pemda mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan, sedangkan selanjutnya pemda dengan forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) menggelar rapat untuk mematangkan persiapan kegiatan.
 
Pada tahun sebelumnya, katanya, tradisi ini melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah dan masyarakat di sejumlah tempat di daerah ini untuk mengikuti takbir keliling.
 
"Takbir keliling baik yang digelar oleh pemda dan masyarakat di sejumlah wilayah daerah ini kita satukan," ujarnya.
 
Oleh karena kegiatan ini sebagai tradisi, ujar dia, pemda setempat juga melibatkan pegawai sarak, kepala kaum, dan pihak adat.
 
Sejumlah kendaraan dinas OPD di lingkungan pemda akan menjemput pegawai sarak, kaum, dan adat untuk mengikuti proses takbir keliling.
 
Terkait dengan pelaksanaan takbir keliling, ia mengatakan, pelepasan peserta pawai takbir keliling dari masjid agung menuju jalan utama menuju terminal Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Peserta takbir keliling kemudian menuju jalan padat karya tembus simpang Kantor Satlantas Polres Mukomuko dan titik kumpul terakhir di rumah dinas wakil bupati karena bupati sedang tidak berada di tempat.
 
Ia menjelaskan dalam tradisi daerah ini rumah yang menjadi raja dikunjungi pegawai sarak, kepala kaum, dan tokoh adat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024