Sejumlah partai politik besar di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memulai proses penjaringan kandidat bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mukomuko 2024.

Partai Nasdem, Partai Gerindra, PAN, PPP, dan Partai Hanura termasuk dalam daftar partai yang aktif dalam proses ini.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Mukomuko Zulfahni mengumumkan proses penjaringan akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 Mei 2024. "Kami telah membuka dan memulai penjaringan kandidat bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024," kata dia di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan proses penjaringan ini tidak hanya terbuka bagi kader partai tetapi juga masyarakat umum yang memiliki integritas dan keinginan untuk memajukan Kabupaten Mukomuko.

"Kami mengundang kader, simpatisan, tokoh masyarakat, dan pemuda terbaik di Kabupaten Mukomuko yang ingin menjadi kandidat bupati dan wakil bupati dari partai ini," kata dia.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Deni Setiabudi, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dari jalur partai politik diperkirakan akan dibuka pada bulan Agustus dan September mendatang.

"Setiap partai politik yang memiliki kursi di DPRD dapat mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan minimal lima kursi," kata Deni.

Untuk calon independen, ia mengatakan dukungan minimal yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti pilkada adalah sebanyak 13.824 dukungan dari masyarakat.

Ini menunjukkan betapa pentingnya dukungan langsung dari warga untuk calon-calon yang ingin maju melalui jalur independen.

Proses penjaringan ini diharapkan bisa menghasilkan kandidat-kandidat yang berkualitas dan siap memimpin Kabupaten Mukomuko menuju kemajuan lebih lanjut dalam periode mendatang.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024