Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko terus menggalakkan pemilihan "Bujang Gadih" sebagai agenda tahunan guna mempromosikan pariwisata dan budaya lokal.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Novria Eka Putra, di Mukomuko, Jumat, acara ini merupakan bagian penting dari strategi promosi daerah.

"Ada tiga tahapan dalam pemilihan 'Bujang Gadih' Mukomuko, yaitu tes tertulis, wawancara, dan gadih, yang berlangsung mulai tanggal 29 April hingga 2 Mei 2024. Dari 65 peserta awal, terpilih 15 finalis yang terdiri atas 10 gadih dan lima bujang," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan yang diadakan di gedung balai daerah setempat dihadiri oleh Wakil Bupati Mukomuko Wasri, anggota forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), berbagai organisasi profesi, perusahaan, dan kelompok sadar wisata, serta juri yang berasal dari Kota Bengkulu dan Mukomuko.

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan tidak hanya untuk menemukan wajah baru yang akan mewakili Mukomuko di tingkat provinsi tetapi juga untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya daerah.

Wakil Bupati Mukomuko Wasri berharap agar bujang dan gadih terpilih dapat membawa nama baik Mukomuko ke panggung nasional dan internasional.

"Kami bangga dengan generasi Mukomuko yang mengikuti agenda tahunan ini. Kami berharap bujang dan gadih terpilih dapat lebih baik lagi dalam mempromosikan Kabupaten Mukomuko," kata dia.

Novria menambahkan, kesuksesan program ini diharapkan dapat mengangkat citra Mukomuko sebagai destinasi yang kaya akan budaya dan pariwisata, serta memotivasi generasi muda untuk berprestasi lebih tinggi di masa depan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024