Pemerintah Provinsi Bengkulu menyatakan persiapan keberangkatan jemaah calon haji setempat untuk penyelenggaraan Haji 2024 sudah tak ada kendala lagi.
 
"Tidak ada lagi kendala ataupun masalah di lapangan, namun ada beberapa administrasi yang harus diselesaikan," kata Asisten I Sekretariat Daerah Bengkulu Khairil Anwar di Bengkulu, Ahad.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, kata dia, juga telah melaksanakan rapat final terkait pelaksanaan pelayanan haji bersama instansi terkait.
 
"Pada 13 Mei 2024 para JCH (jamaah calon haji) sudah berada di asrama haji Bengkulu dan mereka berangkat dari kabupaten masing-masing pada 12 Mei," kata Khairil.
 
Kemudian pada 14 Mei 2024, menurut dia, penyelenggara haji daerah fokus pada proses penyelesaian administrasi yang memang diharuskan dalam tahapan penyelenggaraan keberangkatan jamaah calon haji ke tanah suci Makkah.
 
"Seperti pemeriksaan kesehatan, dan mereka diinapkan satu malam di asrama haji Bengkulu dan malam sekitar pukul 22:00 WIB akan terbang ke Bandara Internasional Minangkabau (Embarkasi Sumatera Barat)," ucapnya.
 
Untuk memastikan proses pemberangkatan Haji 2024 berjalan aman dan lancar, Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kanwil Kemenag Bengkulu telah melakukan simulasi terkait pelaksanaan haji di Bengkulu.

Lebih lanjut, menurut dia, untuk pelaksanaan haji tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena harus memastikan kondisi cuaca benar-benar bagus untuk penerbangan ke Bandara Internasional Minangkabau.
 
"Ada sedikit berbeda yaitu soal jam keberangkatan, karena kita menyesuaikan jadwal dan kondisi cuaca dari BMKG terkait status Gunung Marapi yang ada di Padang," kata Khairil.*

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024