Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu sejak Januari hingga saat ini telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik terhadap 50 lebih orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), lanjut usia (lansia) dan disabilitas.

"Melalui jemput bola terhadap Lansia, ODGJ dan disabilitas sesuai dengan permintaan masyarakat, hingga saat ini sebanyak 50 lebih telah dilakukan perekaman KTP elektonik," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo di Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan sebanyak 50 orang lebih dari kalangan lansia, ODGJ dan disabilitas yang telah dilakukan perekaman KTP tersebut sesuai permintaan masyarakat yang disampaikan ke tingkat RT, RW bahkan kelurahan di wilayah Kota Bengkulu.
 
Oleh karena itu, kata Widodo, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu akan terus melakukan aksi jemput bola untuk melakukan perekaman terhadap lansia dan ODGJ yang belum memiliki KTP elektronik.
 
Menurut dia, pihaknya melakukan aksi jemput bola itu guna membantu penduduk lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan KTP elektronik sebagai dokumen utama yang digunakan untuk mengakses pelayanan publik lainnya.
 
Kemudian, kata dia, sebagai Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) jenis lanjut usia dan memerlukan perhatian pemerintah, kemudian diusulkan mendapatkan bantuan sosial lainnya oleh Pemkot Bengkulu.
 
Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat terkhusus para lansia, disabilitas dan ODGJ di wilayah Kota Bengkulu.
 
Sementara itu, kata Widodo, untuk pelaksanaan perekaman tersebut dilakukan sesuai permintaan dan tidak ada jadwal khusus yang disiapkan.
 
Oleh karena itu, dia mengimbau seluruh masyarakat yang ingin pihak keluarganya dilakukan perekaman data KTP elektronik agar dapat mengajukan permohonan melalui kantor kelurahan agar selanjutnya disampaikan ke Kantor Dukcapil Kota Bengkulu.
 
"Aksi jemput bola untuk lansia, ODGJ dan disabilitas terus dilakukan tanpa henti selalu berinovasi demi membahagiakan masyarakat Kota Bengkulu," ujar dia.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024