Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali menggelar program nikah massal gratis atau nikah balai untuk 10 pasangan calon dari keluarga tidak mampu di wilayah tersebut.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera di Bengkulu, Kamis, menyebutkan untuk masyarakat yang ingin ikut program tersebut dapat mendaftar pada 1 hingga 10 Agustus 2024, dengan mendatangi kantor kelurahan masing-masing.
 
Adapun syaratnya, kata dia, dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan menyertakan akta cerai atau kematian bagi calon pengantin berstatus janda ataupun duda.

Baca juga: Pemprov Bengkulu: Pembangunan jalan Trans Enggano rampung November
 
"Pemkot Bengkulu kembali menggelar nikah masal untuk masyarakat yang akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus nanti," ujar dia.
 
Pada pelaksanaan nikah masal tersebut pihaknya bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Bengkulu untuk mempersiapkan 10 penghulu yang akan menikahkan calon pengantin nantinya.
 
Selain mempersiapkan penghulu, Pemkot Bengkulu juga menyediakan mas kawin gratis berupa seperangkat alat shalat, menyerahkan akta nikah yang merupakan jaminan bagi suami istri, serta hak-hak anak yang dihasilkan dari perkawinan tersebut seperti kelancaran dalam pengurusan akte kelahiran, KTP, KK, dan administrasi kependudukan lainnya.
 
Kemudian, untuk pelaksanaan nikah masal akan dilaksanakan di Gedung Bala Kota Merah Putih tepatnya di Kelurahan Pekan Sabtu.

Baca juga: Dinkes dan BPOM Bengkulu gelar sidak pastikan jajanan anak aman
 
Gita mengatakan pelaksanaan nikah masal tersebut untuk membahagiakan masyarakat yang terkendala biaya untuk menikah secara sah baik agama, adat, dan negara.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu Dewi Dharma menyebutkan kegiatan nikah masal tersebut juga bekerja sama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bengkulu.
 
"Kami harapkan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kota Bengkulu. Mereka yang terkendala biaya bisa lebih dimudahkan dan dirayakan seperti biasa walaupun dengan cara yang sederhana," katanya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024