Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan penanaman bibit pohon kelapa sebanyak seribu pohon di kawasan Pantai Kota Tuo guna memperingati HUT Ke-79 RI.

Penanaman bibit kelapa tersebut dilakukan dari hasil kerja sama Dinas Pariwisata (Dispar) dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Laut Biru Kota Bengkulu.
 
"Dalam rangkaian HUT Ke-79 RI, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Pokdarwis mengadakan penanaman bibit sebanyak seribu bibit kelapa," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di kawasan Pantai Kota Tuo Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan dengan dilakukannya penanaman bibit pohon tersebut diharapkan dapat mengembangkan sektor pariwisata di Kota Bengkulu beberapa waktu ke depan.
 
Sebab, bibit pohon kelapa yang ditanam dapat menghasilkan buah yang melimpah dan dapat menarik minat lokal maupun dari luar daerah, dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kawasan Pantai Kota Tuo Bengkulu.
 
"Jika wisata ramai pengunjung dampaknya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemerintah Kota Bengkulu dari sektor pariwisata," ujar dia.
 
Untuk itu, ia berharap agar pelaksanaan penanaman bibit pohon tersebut dapat terus dilakukan agar suasana di objek wisata pantai lebih rapi dan cantik.
 
Selain menanam bibit kelapa, Pemkot Bengkulu juga melaksanakan tradisi 'Pukek' atau menarik guna menghidupkan kembali tradisi nelayan yang perlahan-lahan mulai memudar.
 
Sebelumnya, Pemkot Bengkulu menggelar ratusan perlombaan dalam memeriahkan perayaan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang yang diselenggarakan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah tersebut.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024