Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada 2024 di daerah ini sebanyak 140.192 pemilih yang tersebar di 15 kecamatan.

"Alhamdulillah, hari ini kita secara kelembagaan telah menyelesaikan tahapan Pilkada 2024, yaitu rekapitulasi dan penetapan DPS untuk Pilkada 2024. Tadi sudah ditetapkan TPS sebanyak 327 dan jumlah pemilih 140.192 pemilih," kata Komisioner KPU Mukomuko, Misbahul Amri, di Mukomuko, Minggu.

KPU Kabupaten Mukomuko menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPS tingkat Kabupaten Mukomuko pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu serta Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko tahun 2024.

Baca juga: KPU Mukomuko lakukan penguatan SDM PPK Pilkada 2024

Rapat pleno terbuka di aula hotel di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, itu dihadiri oleh empat komisioner KPU Mukomuko, yakni Ketua KPU Mukomuko Marjono, Endang Surya Bhakti, Misbahul Amri, Efra Budiman, dan sebanyak 75 PPK.

Kemudian, tiga komisioner Bawaslu Mukomuko, yakni Ketua Bawaslu Mukomuko Teguh Wibowo, Mansur, dan Rustam Efendi, serta pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perwakilan Polres Mukomuko, dan Kodim 0427/Mukomuko.

Amri menyebutkan, dari DPS sebanyak 140.193 orang tersebut, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 71.551 orang dan perempuan sebanyak 68.641 orang.

Terkait penambahan TPS untuk Pilkada 2024 di daerah ini, Amri menjelaskan TPS yang semula berjumlah 324 menjadi 327, atau ada penambahan tiga TPS karena pasca-coklit, terdapat beberapa TPS dengan jumlah pemilih melebihi 600 orang sehingga perlu penambahan TPS.

Baca juga: Bawaslu Mukomuko minta KPU sisir masyarakat belum terdata Pilkada

Selain itu, ia menyatakan dari sebanyak 258 pemilih ganda, sekitar 80 orang yang dilepas karena berada dalam provinsi dan antarprovinsi, sisanya merupakan penduduk Kabupaten Mukomuko.

Setelah penetapan DPS ini, ia menambahkan, DPS ini akan diumumkan kepada masyarakat guna mendapatkan tanggapan masyarakat jika ada yang belum masuk agar bisa dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Untuk itu, ia mengatakan bahwa data pemilih ini masih berproses sebelum KPU menetapkan DPT sekitar akhir bulan September atau setelah tanggal 22 September 2024.

Ketua Bawaslu Mukomuko Teguh Wibowo mengatakan bahwa berkaitan dengan pleno terbuka hari ini, Bawaslu menyiapkan beberapa rekomendasi dan Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti oleh KPU dengan hasil yang cukup memuaskan dan maksimal. (Adv)

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024