Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tiga bakal pasangan calon (bapaslon) pilkada daerah itu baru akan mendaftarkan diri pada hari terakhir.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pihaknya mulai Selasa hingga Kamis (27-29/8) mendatang telah membuka tahapan pendaftaran paslon Pilkada serentak 2024 di wilayah itu.

"Pada hari pertama ini belum ada bapaslon yang mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong, sesuai dengan pemberitahuan dari masing-masing tim rencananya mereka akan mendaftarkan diri pada hari terakhir yakni Kamis tanggal 29 Agustus nanti," kata dia.

Dia menjelaskan, ada tiga bapaslon yang akan mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong mulai dari pagi Kamis (29/8), atas nama Syamsul Effendi-Juhendra. Kemudian siang hari bapaslon Hendra Wahyudiansyah dan Herizal, dan sore harinya bapaslon atas nama M Fikri Thobari dan Hendri.

Untuk mempersiapkan pendaftaran bapaslon Pilkada Kabupaten Rejang Lebong ini pihaknya, kata dia, sudah melakukan persiapan termasuk juga sudah melakukan simulasi penerimaan pendaftaran.

Selain itu KPU Rejang Lebong juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan parpol dan penghubung atau LO masing-masing bapaslon sebelum dilakukan pendaftaran nantinya.

Pada proses pendaftaran bapaslon di KPU Rejang Lebong, pihaknya akan membatasi massa dari bapaslon yang bisa masuk ke KPU Rejang Lebong sebanyak 220 orang.

Massa pendukung bapaslon yang diperbolehkan masuk ke areal KPU Rejang Lebong itu sebanyak 20 orang nanti akan ditempatkan di teras tempat pendaftaran, dan 200 massa pendukung di tenda samping kantor KPU Rejang Lebong.

"Kita juga meminta disiapkan dua orang koordinator dari masing-masing bapaslon yang ditugaskan untuk mengendalikan massa saat pendaftaran, agar tidak mengganggu proses pendaftaran paslon," katanya.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024