Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini membangun empat titik sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih ratusan rumah warga di tiga desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu.
 
"Pembangunan sarana air bersih di empat titik ini bersumber dari dana alokasi umum (DAU) tahun 2024," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah melalui Kabid Cipta Karya Budiarto di Mukomuko, Senin.

Baca juga: BPBD Mukomuko bentuk tim reaksi cepat penanganan bencana
 
Pekerjaan pembangunan sarana air bersih di empat titik ini meliputi pembangunan sumur bor, menara air, hidran, dan tangki yakni di Desa Rami Mulya dan Desa Marga Mulya, Kecamatan Air Rami, dan Desa Wonosobo, Kecamatan Penarik.
 
Ia mengatakan, pembangunan sarana air bersih di Desa Rami Mulya meliputi sumur bor dan menara air, Desa Marga Mulya dibangun sumur bor tetapi tidak termasuk menara, cuma sebatas hidran umum, ada dudukan, ada bak penampung semacam tangki air.

Baca juga: Mukomuko segera pindah pasar tradisional untuk kelancaran lalu lintas
 
Kemudian, pembangunan sarana air bersih di satu titik Desa Wonosobo berupa pembangunan sumur bor dan hidran, lalu satu titik lagi cuma pembangunan menara air dengan ketinggian sembilan meter.
 
Sedangkan alokasi anggaran pembangunan sumur bor dan hidran di Desa Wonoso Rp128 juta dan pembangunan menara air setinggi sembilan meter di Desa Wonosobo Rp148 juta.
 
Kemudian, katanya, pembangunan sumur bor dan menara air di Desa Rami Mulya Rp148 juta dan pembangunan sumur bor dan hidran di Desa Marga Mulya sebesar Rp119 juta.

Baca juga: Pemerintah tambah kuota BBM untuk SPDN Mukomuko
 
Dari kegiatan pembangunan sarana air bersih di satu titik dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi 60 rumah warga setempat.
 
Setelah selesai pembangunan sarana air bersih ini, katanya, selanjutnya bangunan ini diserahkan kepada kelompok pengelola program sistem penyediaan air bersih (SPAM).
 
Kemudian, ia berharap, kelompok ini yang memasang jaringan ke rumah warga lalu merawat bangunan yang ada.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024