Gubernur Bengkulu petahana Rohidin Mersyah menyatakan telah mengajukan cuti karena menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 kepada Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.
 
"Secara apa Silon (sistem pencalonan), online-nya, sudah kami sampaikan, ketika ditetapkan sebagai calon secara, otomatis (terhitung cuti)," kata Gubernur Bengkulu petahana Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin.
 
Sampai sebelum penetapan calon Gubernur Bengkulu Pilkada 2024, Rohidin Mersyah masih akan tetap bekerja seperti biasanya, belum digantikan oleh penjabat sementara.

Baca juga: Gubernur Bengkulu konfirmasi peresmian Jalan Trans Enggano oleh Presiden Jokowi akhir September
 
"Sifatnya (Pemprov Bengkulu) mengusulkan Kemendagri juga (untuk Pjs nantinya), dan Kemendagri punya kewenangan juga untuk menetapkan, siapa yang akan dijadikan untuk apa Pjs, namun untuk nama-namanya saya belum tahu, malahan baru mendengar dari yang beredar di media," kata Rohidin.
 
Selain izin cuti sebagai gubernur petahana, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga sudah mengajukan izin cuti para kepala daerah tingkat kabupaten dan kota yang juga menjadi peserta pilkada.

Baca juga: Pemprov Bengkulu segera lantik 70 pegawai PPPK formasi 2023
 
"Saya sudah mengusulkan, karena itu menjadi persyaratan (pencalonan pilkada) sebagaimana surat edaran Mendagri, kalau untuk kabupaten kota semua sudah saya proses usulan cuti itu, karena menjadi persyaratan pencalonan juga," kata dia.
 
Seperti diketahui, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kembali maju untuk periode keduanya menjadi Gubernur Bengkulu pada Pilkada Serentak 2024 ini.
 
Kemudian, pasangan calon Gubernur Bengkulu, calon wakil gubernurnya merupakan Bupati Bengkulu Utara petahana, Mian.

Baca juga: Pemprov Bengkulu tumbuhkan mental generasi muda lewat Jambore Literasi
 
Di Kabupaten Mukomuko, bupati petahana Sapuan juga ikut kembali mencalonkan diri untuk periode keduanya. Sapuan berpasangan dengan wakil bupati petahana Wasri.
 
Berikutnya, Bupati Rejang Lebong petahana Syamsul Effendi mencalonkan diri kembali pada Pilkada 2024. Begitu juga di Kabupaten Lebong, bupati petahana Kopli Ansori jadi salah satu calon yang resmi mendaftar ke KPU Lebong.
 
Bupati Seluma petahana Erwin Octavian, Bupati Bengkulu petahana Selatan Gusnan Mulyadi, Wakil Bupati Bengkulu Selatan petahana Rifa'i Tajuddin, dan Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim juga tercatat ikut mencalonkan diri sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024