Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan membagikan bantuan sarana perikanan tangkap berupa mesin tempel dan jaring kepada puluhan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.
 
"Pemerintah daerah memberikan bantuan sarana perikanan tangkap ini guna meningkatkan produksi perikanan tangkap di daerah ini," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan hal itu usai pembagian bantuan sarana perikanan tangkap kepada puluhan kelompok nelayan di Balai Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko.
 
Bantuan sarana perikanan tangkap dari pemerintah daerah tersebut terdiri atas sebanyak 21 unit mesin tempel untuk 21 KUB nelayan dan 69 paket jaring ukuran 2,5 inci untuk sebanyak 23 KUB nelayan.
 
Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan bantuan alat yang berfungsi mendeteksi lokasi dan keberadaan ikan atau global positioning system (GPS) untuk 4 KUB nelayan di Kecamatan Teramang Jaya.
 
Ia menyatakan, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para nelayan agar mereka dapat meningkatkan hasil tangkapan dan otomatis juga meningkatkan pendapatannya.
 
"Bantuan yang dibagikan ini diharapkan dapat membantu para nelayan meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan usaha yang dijalani," ujarnya pula.
 
Selanjutnya, bupati meminta kepada seluruh nelayan yang menerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, atau jangan jual dan dialihkan kepada orang lain.
 
"Kami berharap bantuan sarana perikanan tangkap dari pemerintah daerah ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan yang ada di daerah ini," ujarnya.
 
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto mengatakan. jumlah KUB nelayan yang menerima bantuan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Menurutnya, semua ini tidak terlepas perhatian yang sangat besar dari bupati kepada nelayan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024