Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan penerima bantuan akses internet gratis dari pemerintah daerah, provinsi, dan pusat di tahun 2024 mencapai 92 desa atau melebihi target yang ditetapkan sebanyak 80 desa.
 
"Kalau sesuai rencana kerja kita tahun ini ditargetkan 80 desa, kini yang sudah direalisasikan 83 desa, kemudian ada lagi sembilan desa dari pemerintah provinsi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Agus Harpinda, di Mukomuko, Kamis.
 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko setiap tahun mendapatkan alokasi dana yang bersumber dari APBD untuk pembangunan akses internet gratis di semua desa.
 
Dinas Kominfo Mukomuko menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun akses internet di desa.
 
Kemudian, menurut dia, desa yangsulit sinyal atau blank spot di daerah ini juga menerima bantuan akses internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
 
Ia mengatakan, sekarang instansinya lagi menjajaki kerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu terkait dengan program bantuan internet gratis untuk sembilan desa di daerah itu.
 
"Tahun ini kita dapat bantuan internet gratis untuk sembilan 9 titik atau desa dan memang ada programnya di provinsi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah provinsi menggandeng Iconnet untuk memasang internet di sembilan desa itu.
 
Kemudian tahun depan, katanya, ada sebanyak 10-15 desa yang sudah masuk kabel optik PT Telkom untuk diusulkan mendapat bantuan internet gratis dari pemerintah daerah yang bersumber dari APBD.
 
Sementara itu, ia mengatakan, program bantuan internet gratis untuk desa itu merupakan salah satu program prioritas dan masuk dalam visi dan misi Bupati Mukomuko Sapuan.
  

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024