Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Kota Bengkulu mengimbau seluruh pelajar tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) agar mengurangi aktivitas di luar rumah saat malam hari.
 
Kepala Disdikbud Kota Bengkulu A Gunawan, di Bengkulu, Selasa, mengatakan bahwa imbauan tersebut sebagai upaya antisipasi atas aksi geng motor yang mengganggu ketenangan dan keamanan di lingkungan sekitar.
 
"Dengan adanya geng motor yang cukup meresahkan itu kami merasa perlu untuk mengambil langkah antisipasi dan proaktif demi melindungi generasi muda kita," ujar dia.
 
Selain itu, para pelajar juga diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam memilih lingkungan pergaulan dan memastikan saat beraktivitas di luar rumah untuk hal yang penting.
 
"Kami ingin anak-anak kita terhindar dari potensi bahaya yang dapat timbul akibat interaksi dengan kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab," katanya.
 
Disdikbud Kota Bengkulu juga meminta para orang tua agar ikut melakukan pengawasan terhadap anak-anak khususnya lingkungan pertemanan.
 
Menurut Gunawan, Disdikbud Kota Bengkulu juga akan melakukan sosialisasi di seluruh sekolah yang ada di wilayah tersebut terkait pentingnya menjaga keselamatan dan menghindari situasi yang berpotensi berbahaya.
 
Selain itu, juga mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler dan program positif lainnya di sekolah agar para siswa memanfaatkan waktu luangnya dengan hal positif.
 
"Dengan langkah tersebut kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi para pelajar. Imbauan ini diharapkan dapat mengurangi keterlibatan siswa dalam aktivitas yang membahayakan serta mendorong mereka untuk lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan diri," katanya.

Dengan adanya kerja sama antara pemerintah, sekolah, dan orang tua, ujar dia, diharapkan generasi muda Bengkulu dapat tumbuh dan berkembang dalam suasana yang lebih positif dan kondusif.

Disdikbud Kota Bengkulu juga berkolaborasi dengan pihak kepolisian serta masyarakat guna meningkatkan patroli keamanan di lingkungan sekolah dan area sekitarnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024