Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu mencatat hingga saat ini ketersediaan blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di wilayah tersebut untuk calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan pemilih pemula mencapai 4.000 keping.

"Sampai hari ini ketersediaan blangko KTP-el sebanyak 4.000 keping sebab beberapa waktu lalu mendapatkan tambahan dari Disdukcapil Provinsi Bengkulu sebanyak 2.000 keping," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo di Bengkulu, Jumat.
 
Sebanyak ribuan blangko tersebut, kata dia, untuk memenuhi pelayanan bagi calon PPPK, pemilih pemula menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dan perpindahan domisili penduduk.
 
Jika ketersediaan blangko KTP-el mulai menipis, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu akan mengusulkan penambahan ke Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu atau pemerintah pusat.
 
"Terkait dengan ketersediaan blangko dan ribbon terus dilakukan. Kami akan mengajukan penambahan jika ketersediaan menipis," ujar dia.
 
Sementara itu, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu memperpanjang layanan administrasi kependudukan pada hari Sabtu dan Minggu guna membantu mereka yang mendaftar sebagai PPPK.
 
"Layanan ini kami buka untuk mengantisipasi ketidakcocokan dokumen seperti kartu keluarga (KK), KTP-el, dan akta yang mungkin tidak sinkron," terang Widodo.
 
Pelayanan tersebut, lanjut dia, tidak hanya untuk calon pendaftar PPPK, tetapi juga bagi seluruh komponen masyarakat yang membutuhkan pelayanan terkait dengan kelengkapan dokumen di Kota Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024