Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyampaikan peringatan dini cuaca buruk yang terjadi di daerah setempat sejak beberapa hari terakhir sampai sekarang.
 
"Kami sudah sampaikan peringatan dini kepada masyarakat, diharapkan masyarakat waspada terhadap cuaca buruk yang terjadi di daerah ini," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah saat dihubungi dari Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti data dari BMKG terkait dengan peringatan dini cuaca buruk yang berpotensi terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Mukomuko.
 
Dalam peringatan dini cuaca buruk yang dikeluarkan oleh BMKG tersebut, masyarakat diminta mewaspadai hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.
 
Terkait dengan hujan lebat yang terjadi di daerah ini sejak Senin pagi, ia mengatakan, hujan lebat tersebut menyebabkan beberapa ruas jalan nasional dan kabupaten di daerah tergenang air.
 
"Jalan nasional yang berada di lampu merah Kelurahan Bandar Ratu tergenang air karena air hujan mengalirkan tidak lancar dari siring di bawah trotoar jalan tersebut," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kemungkinan lobang masuk air dalam siring di bawah trotoar tersebut sehingga membuat air hujan tidak mengalir lancar.
 
Ia menambahkan, begitu juga dengan beberapa ruas jalan nasional seperti di Kelurahan Pasar Mukomuko tepatnya depan masjid tergenang air karena siring di bawah trotoar tersebut tersumbat.
 
Selain itu, ia mengatakan, hujan lebat yang terjadi di daerah ini juga dapat menyebabkan tebing sepanjang Sungai Manjuto longsor karena kondisi tanah tebing tersebut labil dan mudah longsor.
 
Dalam kondisi seperti ini, katanya, warga terutama yang rumahnya dekat tebing tersebut untuk waspada terjadi longsor susulan akibat hujan lebat sekarang ini.

Selain itu, ia juga mengimbau warga yang berada dekat bantaran sungai untuk mewaspadai banjir bandang akibat luapan sungai saat hujan lebat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024