Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu menerapkan inovasi baru berupa lampu penerangan jalan umum (PJU) yang menggunakan sistem teknologi smart sistem atau sistem pintar.
 
Kepala Dishub Kota Bengkulu Hendri Kurniawan di Kota Bengkulu, Selasa, menyebutkan bahwa teknologi tersebut merupakan inovasi yang memungkinkan untuk melakukan pengecekan lampu PJU yang mengalami kerusakan melalui handphone atau komputer jinjing (laptop).
 
"Dengan menggunakan teknologi ini, kita tidak harus berkeliling ke lapangan untuk mencari atau mengecek PJU yang rusak, tetapi cukup dengan melihat di dashboard melalui HP atau laptop," ujar dia.
 
Kemudian juga menerapkan sistem command center yang masuk ke jaringan traffic light atau lampu lalu lintas sehingga titik kordinat yang rusak dapat langsung diketahui tanpa harus didatangi.
 
Dengan demikian, mempermudah para petugas Dishub Kota Bengkulu dalam melakukan pengecekan dan perbaikan jika terjadi kerusakan pada lampu penerangan jalan tersebut.
 
Hendri mengatakan hingga saat ini terdapat sebanyak 404 lokasi atau kilowatt jam (kwh) meter PJU baru, dan 52 kwh meter yang akan dipasang smart sistem.
 
Dari 52 kwh tersebut, 15 kwh di antaranya telah terpasang dengan lokasi masing-masing yaitu gardu PJU depan Universitas Hazairin Bengkulu (Unihaz), gardu simpang Kebun Geran, gardu di sebelah taspen KM 7, di KM 6,5 dan lainnya.
 
Lanjut Hendri, tujuan pemasangan PJU teknologi sistem pintar tersebut yaitu sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melakukan perawatan PJU di Kota Bengkulu agar semakin baik dengan menggunakan teknologi.
 
"Kami masih uji coba. Target kami semuanya dipasang smart sistem ini, tetapi pembangunan ini akan berkelanjutan sampai kami mempunyai command center. Kalau inovasi ini dirasa efektif maka inovasi ini akan kami kembangkan," sebutnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024