Desa Tanjung Mulya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menjadi tuan rumah penyelenggara peringatan Hari Santri Nasional Ke-10 tingkat kabupaten yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.
 
"Hari Santri Nasional Ke-10 tingkat kabupaten dilaksanakan di Desa Tanjung Mulya, Kecamatan XIV Koto dan pelaksanaannya mulai tanggal 21-22 Oktober 2024," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko Widodo di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan, pembukaan pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional di daerah ini Senin (21/10) sore dilanjutkan lomba baca kitab kuning dan sebagainya.
 
Kemudian pada Senin (21/10) malam dilanjutkan dengan acara pembacaan doa dan zikir bersama, lalu hari Selasa (22/10) pagi upacara sekaligus puncak peringatan Hari Santri Nasional, selanjutnya acara ramah tamah dengan Pjs Bupati Mukomuko.
 
Ia menjelaskan tujuan institusinya melaksanakan acara peringatan Hari Santri Nasional ini berawal sejak 10 tahun yang lalu setelah diundangkan dan ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober diperingati Hari Santri Nasional.
 
Ia mengatakan santri turut berjuang merebut kemerdekaan sehingga atas perjuangan dan peran serta santri tersebut diberikan hari khusus, yakni peringatan Hari Santri Nasional.
 
Peringatan Hari Santri Nasional tingkat kabupaten ini diikuti sebanyak 15 pondok pesantren yang mengantongi izin operasional.
 
Dari sebanyak 15 pondok pesantren yang mengantongi izin operasional, yang paling banyak santrinya adalah Pondok Pesantren Miftahul Ulum di wilayah Kecamatan Penarik sebanyak 700 orang.
 
Ia memperkirakan, jumlah keseluruhan santri baik laki-laki maupun perempuan yang tersebar baik di 15 pondok pesantren yang mengantongi izin operasional maupun lima pondok pesantrenyang sedang tumbuh sekitar 2.000 orang.
 
Kemenag mendukung keberadaan pondok pesantren di daerah ini dan memfasilitasi pondok pesantren yang sedang tumbuh untuk mengajukan izin operasional.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024